ZSBS, Sekolah Ramah Anak yang Cetak Generasi Pemimpin

ZAMZAMSYIFA.SCH.ID, DEPOK – Sekolah ramah anak bukan hanya persoalan akademis, tetapi juga lingkungan pergaulan yang sehat. Tidak bisa kita pungkiri bahwa di zaman serba maju ini pergaulan juga terlampau maju. Baik dan buruk tak lagi bisa dilihat dengan kasat mata. Sehingga sekolah yang cocok dengan anak kita sangat krusial. Seperti apa sih ciri-ciri sekolah ramah anak? Berikut infonya.

Baca juga: Siapa Sosok Ketua BEM yang Baru? Merangkum Pemira 2019

1. Anak Kita Berada di Sekolah Lebih dari 8/24 Jam, Berikan Rasa Aman dan Nyaman

Sekolah harus bisa membuat siswa merasa nyaman dan menyenangkan. Hal itu karena sekitar 1/3 waktu hidup anak dihabiskan di sekolah. Jika sekolah tidak memberikan rasa aman dan nyaman, dapatkah kita bayangkan bahwa 1/3 waktu hidupnya telah terbuang dengan tidak menyenangkan? Hal penting yang harus dimiliki sekolah agar menjadi tempat yang menyenangkan ialah menerapkan pembelajaran yang relevan di dalamnya. Selain itu lingkungan yang sehat dan bersahabat juga menentukan anak dalam mengemban ilmu. Insya Allah dengan segala fasilitas terbaru dan modern yang dijaga keamanannya secara berkala, akan memberikan rasa nyaman anak-anak untuk tinggal di Zamzam Syifa Boarding School. Sekolah bertingkat 29 itu.

2. Amankah Anak Kita dari Bullying di Sekolah?

Bullying atau lebih sering kita artikan sebagai penindasan adalah salah satu bentuk tindakan bersifat negatif yang bertujuan untuk merendahkan seseorang. Tidak hanya secara fisik, tapi tindak bullying juga dapat dilakukan secara verbal dengan menghina, mengancam ataupun menyakiti seseorang menggunakan kata-kata ejekan. 

Tindakan bullying tentunya akan meninggalkan bekas luka pada korbannya. Namun tidak seperti luka luar yang mudah disembuhkan, luka di dalam hati para korban bullying yang berbentuk trauma justru lebih sulit dan membutuhkan jangka waktu yang lebih lama untuk bisa sembuh total. Walaupun terlihat sepele, namun trauma yang membekas pada korban bisa berdampak buruk. Mulai dari dampak yang ringan seperti enggan datang ke sekolah atau menjadi sangat pendiam hingga dampak yang jauh lebih berat seperti timbulnya keinginan untuk bunuh diri.

Zamzam Syifa Boarding School menolak keras aksi bullying baik fisik maupun verbal. Penolakan ini ditegaskan dengan memberikan edukasi kepada setiap murid baru saat masa orientasi. Telah diagendakan juga pengayoman lebih jauh mengenai kampanye “stop bullying”. Di Zamzam Syifa Boarding School, setiap wali asrama akan menjadi ‘ibu/ayah’, ‘kakak’, bahkan ‘teman’ bagi anak. Sehingga setiap murid dapat menyampaikan isi hatinya secara nyaman untuk ditangani dengan tepat.

Edukasi dan kampanye anti bullying Zamzam Syifa Boarding School

3. Menuntun Bukan Menuntut

Hal yang perlu diingat dalam mendidik anak adalah, orangtua juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Jangan terlalu egois untuk meyakinkan diri bahwa cara mendidik anak yang sudah dilakukan benar atau salah. Oleh sebab itu Zamzam Syifa sebagai sekolah ramah anak mengadaptasi pola pendidikan menuntun bukan menuntut dan mendidik bukan menggurui. Apa bedanya? Guru-guru dan wali asrama akan dengan hati terbuka mendengar aspirasi siswa. Juga dengan mata terbuka melihat karakter unik setiap siswa. Karena kami sadar bahwa semua anak dilahirkan dengan bakatnya masing-masing.

Wali asrama Miss Aisyah (pojok kiri depan) bersama santri-santri ikhwat.
Wali asrama Miss Ikhwat (tengah) bersama santri-santri akhwat.

4. Kurikulum Akademik dan Moral

Sistem pendidikan di  Indonesia cenderung berorientasi pada aspek afektif dan mengabaikan aspek kognitif. Sistem seperti ini telah menghasilkan maysarakat yang memiliki tingkat intelektual tinggi, namun memiliki sikap dan moral yang sangat rendah dan terus menerus turun. Sebagai contoh, banyak mahasiswa yang berintelek menjadi anggota dewan, namun setelah mendapat jabatan mereka melakukan tindakan korupsi. 

Secara umum tingkat kemerosotan moral terjadi pada siswa di sekolah menengah atas. Hal itu terjadi karena di usia tersebut mereka memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, senang mencoba-coba, berani, serta penuh semangat namun tidak terarah dengan baik. Moral yang telah merosot ditandai dengan berbagai perbuatan buruk yang mereka lakukan seperti merokok, meminum minuman keras, seks bebas bahkan menggunakan narkoba.

Dalam situasi yang luar biasa ini, tidak mungkin bisa diselesaikan dengan cara biasa dan oleh orang biasa. Maka lembaga pendidikan diharapkan mampu mencetak orang-orang luar biasa tersebut.”

KH. Abdullah Muadz, M. Sc – Ketua Yayasan Zamzam Global Insani

Mengutip petuah Ketua Yayasan Zamzam Global Insani, KH. Abdullah Muadz, M.Sc., terdapat suatu upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kemerosotan moral dan sikap masyarakat di masa yang akan datang. Upaya tersebut adalah dengan melaksanakan program pendidikan karakter. Pendidikan karakter diharapkan mampu memperbaiki moral generasi demi kemajuan bangsa. Menganut kurikulum Cambridge Assessment dan kurikulum Islami membantu pembentukan karakter pemimpin religius siswa/siswi Zamzam Syifa Boarding School.

KH. Abdullah Muadz, M.Sc., dalam penyambutan santri dan orang tua

5. Sarana dan Prasarana yang Baik

Fasilitas pendidikan menjadi salah satu aspek yang seharusnya mendapat perhatian utama. Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan hal krusial di sekolah, karena mendukung kesuksesan proses pembelajaran di sekolah. Sarana pendidikan umumnya mencakup semua fasilitas yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, seperti: gedung, kelas, laboratorium dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan prasarana adalah yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, meliputi: halaman, taman, maupun jalan menuju ke sekolah.

Meskipun baru berdiri dua tahun, Zamzam Syifa Boarding School telah mampu membangun sarana dan prasarana utama yang menunjang keberlangsungan pesantren modern ini. Mulai dari asrama yang dilengkapi furniture berkonsep modern minimalis, ruang kelas berbasis teknologi, dining room instagramable hingga laboratorium kekinian yang eye catching dengan perlengkapan berstandar internasional. Sedangkan sarana yang telah dibangun hingga saat ini masih terus berkembang, mulai dari memperindah tampilan lift, taman, hingga lobby sekolah yang berkonsep elegan. Seperti apa tampilannya? Berikut kami berikan untukmu! Lebih lengkapnya lihat kubik Fasilitas Zamzam Syifa.

Dining Room Zamzam Syifa

Baca juga: Fatimah Nur Sadiah Hafiz Alquran 30 Juz

Kamu juga bisa menyaksikan serunya kegiatan murid-murid di instagram @zamzamsyifaschool / fanpage @zamzamsyifasch / twitter @zamzamsyifasch dan membagikan artikel ini ke kerabatmu dengan klik ikon sosial media di bawah ini supaya semakin banyak yang dapat pengetahuan baru! ^^

(4) Comments

  • Hani Oktober 5, 2019 @ 9:32 am

    Assalamualaikum
    Apakah ada boarding school putra? Brp biayanya, dan kpn pendaftaran murid baru u th ajaran 2020-2021?

    • Zamzam Syifa Boarding School Oktober 7, 2019 @ 7:05 am

      Waalaikumsalam bunda… Zamzam Syifa ada boarding school putra dan putri tingkat SMP dan SMA. Alhamdulillah pendaftarannya sudah dibuka nih bunda, daftar bulan ini yuk biar dapat potongan uang pangkal… Untuk biaya pendidikan silahkan klik https://zamzamsyifa.sch.id/biaya-pendidikan/ nanti akan diemail rinciannya. Kalau belum masuk, bisa cek spam email nya yah atau klik download setelah isi form nya 😊 Kalau ada yang kurang jelas kontak WA Ms. Ratih 0857-7003-5015 🙂

  • Yuli kemals Oktober 12, 2019 @ 2:43 am

    Berapa org murid yg diterima dalam pnb 2020/2021.
    Apa saja materi yg di test untuk pmb

    • Zamzam Syifa Boarding School Oktober 14, 2019 @ 3:07 am

      Saat ini kita batasi SMP dan SMA masing-masing 40 murid ikhwan dan 40 murid akhwat bunda 🙂 perkelasnya juga dibatasi agar proses belajar mengajar lebih efektif bunda… nah untuk jenis seleksi terbagi atas tiga tahap: tes non akademik, tes akademik, dan tes kesehatan. supaya lebih jelas untuk materinya aku sampaikannya lewat email atau whatsapp bunda? 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
Need Help? Chat with us