Hasilkan 6 Juta Perbulan dari Hidroponik! Zamzam Syifa Boarding School Berbagi

Hidroponik Zamzam Syifa

Memberdayakan Santri dengan Bertani Hidroponik

ZAMZAMSYIFA.SCH.ID, DEPOK – Belajar di Boarding School tidak melulu soal urusan akhirat. Santri juga dibekali ketrampilan berwirausaha agar mampu bersaing dalam kehidupan nyata.

Di Zamzam Syifa Boarding School santri belajar budidaya sayur organik. Miss Tri, Pembina Ektrakurikuler Sains Club optimis Swasembada Sayur melalui teknik Hidroponik ini bisa berkembang menjadi agrowisata yang mendidik.

Akhir November 2018 lalu, para guru dan santri Zamzam Syifa Islamic Boarding School mengikuti Kegiatan Orientasi Kewirausahaan tentang Teknik Hidroponik. Kegiatan ini dilakukan untuk memberi bekal kepada para santri sekaligus membuka wawasan para ustadz/ustadzah agar lebih terbuka dan tidak gagap menghadapi perkembangan zaman. Bekal semacam ini penting untuk diberikan kepada para santri agar setelah menamatkan pendidikan pesantren, mereka tidak bingung dan minder menghadapi tantangan hidup yang sesungguhnya. 

Pengertian Tanaman Hidroponik

Hidroponik adalah teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dan tidak menggunakan tanah (humus) sebagai media tanam atau soilles. Nama lain dari hidroponik adalah soilless culture atau teknik budidaya tanaman tanpa tanah. Maka bisa disimpulkan, pengertian tanaman hidroponik adalah suatu teknik budidaya tanaman dengan memanfaat air sebagai media tanam yang kaya dengan berbagai nutrisi. Sehingga dengan teknik ini maka dapat mempermudah dalam pengendalian hama, penyakit dan efek pencahayaan yang sering dialami oleh tanaman.

Menanam tanaman dengan sistem hidroponik merupakan suatu metoda yang ramah lingkungan. Karena dalam pembudidayaannya tidak perlu menggunakan pestisida atau bahkan herbisida yang beracun.

Meskipun sistem hidroponik menggunakan air sebagai media tanamnya akan tetapi dalam prakteknya air yang diperlukan dalam bercocok tanam tidaklah sebanyak seperti budidaya dengan cara konvensional. Dalam perawatannya juga tidak perlu dilakukan penyiraman secara rutin. Sehingga ini menjadi faktor mengapa hasil tanamannya lebih aman dan sehat. Untuk menunjang hasil tanaman hidropnik maka diperlukanlah nutrisi pendukung diantaranya pasir, sabut kelapa, pecahan kerikil dan batu karang, batu apung, serbuk kayu dan kawat kasa nilon.

Kenapa Harus Tanaman Hidroponik?

Di era sekarang ini, menanam dengan sistem hidroponik adalah alternatif yang tepat untuk mendapatkan sayuran dan buah-buahan di lahan yang sempit atau terbatas. Ditambah lagi dengan kondisi Indonesia yang beriklim tropis adalah tempat yang cocok untuk menerapkan metode ini.

Bercocok tanam dengan hidroponik akan mendapatkan hasil yang bagus jika diiringi dengan hobi. Karena jika dimulai dari hobi maka akan sangat berpotensi untuk dijadikan bisnis.

Baca juga : Menulis on The Spot, Siapa Takut?

Jenis Tanaman Hidroponik

Setelah mengetahui pengertian dari tanaman hidroponik, kini saatnya Anda mengenal berbagai jenis tanaman hidroponik agar nantinya Anda bisa siap untuk menanam dengan sistem hidroponik.Tanaman hidroponik akan dapat tumbuh secara maksimal apabila dalam pemelihan jenis tanamannya tepat. Contohnya, mangga jika ditanam dengan sistem hidriponik akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat memiliki akar dan batang yang kuat dan kokoh. Dengan begitu menanam mangga dengan sistem hidroponik bukanlah cara yang tepat.

Pada dasarnya banyak sekali jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Namun, dalam hal ini Anda harus tahu jenis dan sifat alami dari masing-masing jenis tumbuhan atau tanaman agar memperoleh hasil yang berkualitas dan maksimal.

Jenis Tanaman Hidroponik: Selada; Timun; Sayuran Berdaun Hijau seperti kangkung akar, sawi hijau, bayam hijau dan merah dan selada air; Buah-buahan seperti, melon, cabe, tomat dan timun; Kaktus; Lidah Buaya, mawar dan anggrek; Kentang; basil, ketumbar dan daun mint.

Kelebihan Dan Keuntungan Menanam Tanaman Sistem Hidroponik

Nah, dari penjelasan jenis tanaman hidroponik diatas maka Anda juga perlu tahu apa keuntungan menanam secara hidroponik.

  • Solusi terbaik untuk menyalurkan hobi bercocok tanam bagi Anda yang tidak memiliki pekarangan yang luas.
  • Tidak perlu menggunakan pupuk yang banyak. Sehingga akan lebih hemat dibandingkan dengan media tanah.
  • Penggunaan air jauh lebih sedikit. Karena dalam penerapannya air adalah sumber media utama dalam menanam hidroponik.
  • Lingkungan budidaya tanam jadi lebih besar karena tidak menggunakan media tanah sama sekali.
  • Dapat ditanam dimana saja dan tidak membutuhkan pencahayaan yang banyak.
  • Bebas hama dan penyakit. Sebab asal usul hama tanam biasanya dari tanah.
  • Apabila tanama hidroponik untuk tujuan komersil. Maka bisa dijual dengan harga yang tinggi. Terutama untuk tanaman organik.
  • Tidak perlu lagi mencangkok tanaman.
  • Dapat dengan mudah mengecek akar tanaman secara rutin. Sehingga Anda bisa memastikan bahwa tanaman tersebut berjalan baik atau tidak
  • Dapat dikonsumsi secara keseluruhan, baik akar maupunn buah atau batangnya. Sebab bebas dari hama.
  • Proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman lebih cepat. Sehingga sangat menguntungkan bagi suplier buah maupun sayuran.

Pelajaran ini juga akan kamu dapatkan apabila bersekolah di Zamzam Syifa Islamic Boarding School. Lihat keseruannya yuk!

Atau mau ikut ekstrakulikuler kekinian lainnya? Klik di sini.
Bagikan artikel ini dengan klik ikon sosial media di bawah ini supaya semakin banyak yang dapat manfaatnya guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *