Santri Zamzam Syifa Boarding School Go International Hingga ke Taiwan

ZAMZAMSYIFA.SCH.ID, DEPOK – Adlina Khairina Hisanaah dan Jasmine Kurniawan dari Zamzam Syifa Boarding School berhasil menorehkan prestasi ke kancah internasional dengan karya penelitiannya yang berjudul “’AUTICS’, Autocharging Thermoelectric Solar”. Mereka menjadi peraih golden award di acara International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2020 di Taiwan sebagai delegasi Indonesia setelah mereka meraih juara II di acara National Young Inventor Award (NYIA) yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Baca Juga : Adlina dan Jasmine Harumkan Zamzam Syifa di NYIA 2019, Siap Membawa Indonesia ke Rusia

Pada mulanya, mereka pergi ke Rusia untuk mempresentasikan penelitian mereka. Sayangnya, situasi pandemik covid-19 membuat ajang kompetisi itu akhirnya dilaksanakan secara virtual oleh Taiwan Creativity Development Association. Peserta diminta mengirimkan video berdurasi dua menit yang berisi penjelasan invensinya. Proses pembuatan video dibimbing oleh pihak sekolah serta pembekalan workshop dari LIPI terkait persiapan IEYI. Kemudian, videonya dikirim ke panitia IEYI pada bulan Juni dan di-review oleh juri sampai bulan September. Penilaian mencakup creativity 40%, marketability and benefit 30%, dan operability 30%. Pengumuman sempat diundur yang harusnya bulan September menjadi 8 Oktober melalui laman IEYI  http://en..ieyiun.org/.

Ke depan, AUTIC akan dipatenkan dan akan mengajak kerja sama dengan perusahaan yang memiliki tujuan dan bidang yang sama. Selama proses itu, tim akan terus menyempurnakan invensinya agar ke depan bisa digunakan oleh masyarakat luas sebagai solusi hemat listrik. “Alhamdulillah, tentu sangat bersyukur karena untuk menjadi penerima golden award di acara International Exhibition for Young Inventor harus menjadi juara di tingkat nasional terlebih dahulu. Jadi prestasi ini ada karena perjuangan yang cukup panjang dari tahun sebelumnya. Kesempatan berharga ini menjadi tantangan beradu ide sekaligus mood booster bagi siswa, apalagi ini tingkat internasional. Melalui kompetisi ini team Autics sudah banyak belajar mulai dari eksperimen invensinya, pembaharuan, dan finishing prototype, perencanaan konsep video, pembuatan script, latihan presentasi, sampai taking dan editing video. Saya berharap prestasi ini menjadi pengalaman belajar yang berharga dan menjadi titik awal kontribusi nyata siswa untuk masyarakat. Selain itu semoga momen bahagia ini menjadi cambuk dan motivasi bagi semua siswa bahwa berkompetisi sangatlah menyenangkan. Aku bisa Juara!” ujar Lailiyah, PJ PLA sekolah.

Sebagai peraih golden award, mereka diundang ke Macao dalam acara 8th Macao’s International Innovation and Invention Expo (MiiEX) 2020 untuk upacara penyerahan award pada 15—18 Oktober 2020 di Cota Expo Hall D, The Venetian Macao. Namun, Lailiyah menyampaikan bahwa pihak sekolah masih mengonfirmasikan keberangkatan itu ke LIPI karena situasi pandemic Covid-19 yang masih melanda dunia.

Saat ditanya tentang perasaannya, Adlina Khairina Hisanaah mengaku senang dan bersyukur dengan prestasi yang diraihnya. Dia menceritakan tentang perjuangannya selama mengerjakan proyek ini. Dia mengaku ketika mengingat lagi perjuangannya, dia merasa lucu karena dia baru tahu lomba itu 10 hari sebelum hari H. “Untuk persiapan IEYI juga cape walaupun persiapannya dari jauh hari, aku dan mine harus ketemuan hampir setiap minggu ganti-gantian tempat jadi cape di jalan juga gitu, tapi endingnya kabarnya bagus jadi merasa semuanya worth it,” ujarnya.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Mr Andi, juga mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan oleh santri Zamzam Syifa Boarding School. Dia berharap prestasi itu bisa jadi motivasi bagi murid lainnya untuk ikut lomba dan melebihi pencapaian Adlina karena di Zamzam sudah mendapatkan fasilitas ilmu mata pelajaran umum dan ilmu agama yg sama-sama baiknya. (Penulis: Ilmatus Sadiyah, guru bahasa Indonesia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us