Santri Zamzam Ikuti Seminar Kebijakan Luar Negeri di UI

Zamzam Syifa attending seminar UI

ZAMZAMSYIFA.SCH.ID, DEPOK – Zamzam Syifa Boarding School menghadiri Seminar Kebijakan Luar Negeri di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta pada Rabu (10/9/2018). Seminar bertajuk “Policy” itu dibawakan oleh pembicara dari Washington University St. Louis, USA yang bernama Professor Aria Nakissa. Beliau adalah profesor yang menggeluti bidang sejarah, politik internasional dan studi Islam.

Baca juga: Kebiasan Kece Ketika Anak Bersekolah Asrama

Zamzam Syifa attending seminar UI

 

Seminar yang dihadiri oleh berbagai kalangan akademisi ini sukses diselenggarakan oleh Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

Profesor Aria Nakissa memaparkan pentingnya melacak perkembangan Eropa terhadap pandangannya mengenai kebijakan luar negeri Amerika Serikat di Timur Tengah. Dia menyatakan bahwa kebijakan tersebut memiliki kemiripan dengan apa yang dilakukan oleh AS terhadap Timur Tengah. Usaha untuk “memperadabkan” dunia non-Barat dalam bentuk kolonialisme dan imperialisme, telah mendapatkan tantangan dari tradisi dan masyarakat. Menurut Profesor Aria Nakissa, sejak akhir abad ke-19, Muslim adalah komunitas yang paling keras dalam menentang kolonialisme dan imperialisme. Hal tersebut terlihat dari banyaknya deklarasi jihad yang diusung pemimpin Muslim di seluruh dunia untuk menentang kolonialisme dan imperialisme.

Para hadirin turut aktif untuk mengetahui lebih lanjut kebijakan AS yang dianggap telah merugikan Timur Tengah. Terlebih dengan maraknya perang dan pemberontakan. Salah seorang hadirin pun mempertanyakan konsep “Freedom” dan “Hak Asasi Manusia”. Ia berkata konsep ini sering disalahgunakan dan ditafsirkan dengan tidak tepat. Hal ini menyebabkan berbagai macam konflik yang terjadi khususnya di Timur Tengah. Sebagian ada yang mempertanyakan mengenai teori konspirasi mengenai adanya kekuatan besar yang ingin mengubah Tatanan Dunia (World Order).

Seminar ini mampu membuka pengetahuan dan wawasan. Khususnya untuk mengetahui dinamika politik, sosial dan ekonomi dalam ruang lingkup global. Yuk temui kami di sosial media:
Instagram: @zamzamsyifaschool
Fanpage: @zamzamsyifasch
Twitter: @zamzamsyifasch
Youtube: Zamzam Syifa Channel
Klik ikon sosial media di bawah ini supaya semakin banyak yang dapat pengetahuan baru! 🙂

Penulis: Frial R. Supratman, M.A.
Penyunting: Himmatul Ulya S.I.Kom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
Need Help? Chat with us