Jadwal Imsak Ramadan 2019 Terlengkap

ZAMZAMSYIFA.SCH.ID, DEPOK –  Jadwal Imsak dan jadwal sholat selama ramadan 2019 terlengkap. Tahukah kamu bahwa ibadah shiyam di bulan Ramadhan merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang diwajibkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala pada tahun kedua Hijriyah. Berdasarkan sejarahnya, ibadah puasa ini bukan sesuatu ketentuan yang ditemukan dalam ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Meskipun begitu, ibadah ini diwajibkan pula pada zaman nabi-nabi Allah sebelum Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Sebagaimana dalam al-Qur’an surah al-Baqarah : 183

ياايها الذين امنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون

“Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”.

Baca juga: Pendaftaran Murid Baru Zamzam Syifa Boarding School 2019

Baca juga: Manfaat Puasa Kata Dokter dan Al Quran

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Puasa wajib merupakan salah satu rukun islam yaitu beribadah dengan cara menahan diri serta berpantangan makan, minum, dan segala yang membatalkannya mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Puasa wajib berarti puasa yang harus dilakukan oleh setiap orang Islam yang sudah baligh, berakal sehat, dan bagi mereka yang mampu melaksanakannya. Adapun rukun berpuasa yakni:

  1. Niat. Waktu niat berpuasa Ramadan dimulai dari terbenamnya matahari hingga terbitnya fajar. Niat wajib dilakukan pada setiap hari berpuasa. Niat puasa yang paling sempurna adalah dengan berniat dalam hati dan mengucapkannya dengan lisan.
  2. Meninggalkan segala yang membatalkan puasa dengan kondisi ingat bahwa dia sedang berpuasa dan tidak terpaksa. Maka tidak batal puasanya orang yang melakukan hal-hal yang membatalkan puasa karena lupa atau dipaksa. (uh/uh)

Itu dia, jadwal imsak dan salat ramadan 2019. Yuk temui kami di sosial media Zamzam Syifa Boarding School:
Instagram: @zamzamsyifaschool
Fanpage: @zamzamsyifasch
Twitter: @zamzamsyifasch
Youtube: Zamzam Syifa Channel
Kamu juga bisa membagikan artikel ini ke kerabatmu dengan klik ikon sosial media di bawah ini supaya semakin banyak yang dapat pengetahuan baru! 🙂
Wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
Need Help? Chat with us