Kontroversial! Wakil DPR RI 2009/2014 Angkat Bicara Tentang Islamic Boarding School Ini?

Testimoni Drs. Priyo Budi Santoso | Wali Murid Zamzam Syifa

Kenapa Harus Zamzam Syifa Boarding School?

Kebutuhan akan pendidikan terus meningkat seiring perkembangan manusia di dunia. Jika kita mendengar kata boarding school yang terlintas di kepala adalah sekolah dengan asrama. Namun, kebanyakan Islamic Boarding School di Indonesia merupakan pesantren modern dan cenderung mengunggulkan kualitas dari aspek pendidikan mau pun fasilitas.

Di boarding school, para murid mengikuti pendidikan reguler dari pagi hingga siang di sekolah kemudian dilanjutkan dengan pendidikan agama atau pendidikan nilai-nilai khusus di malam hari. Selama 24 jam anak didik berada di bawah pendidikan dan pengawasan para guru pembimbing.

Di Islamic Boarding School sendiri, para siswa tidak hanya belajar tetapi juga bertempat tinggal dan hidup menyatu dengan di lembaga tersebut. Boarding School mengkombinasikan tempat di rumah, dipindah ke institusi sekolah, di mana di sekolah tersebut disediakan berbagai fasilitas tempat tinggal; ruang tidur, ruang tamu, ruang belajar dan tempat olah raga, perpustakaan, kesenian. Oleh sebab itu pemilihan Islamic Boarding School bukan hanya dilihat dari pengajar, tetapi juga lingkungan dan situasi sekitarnya.

Olah Pikir & Olah Dzikir

Menginginkan Putri memiliki olah pikir dan olah dzikir harus direalisasikan dengan usaha yang serius.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Ilmu agama Islam diajarkan secara intensif di Islamic boarding school, salah satunya di Zamzam Syifa Boarding School Depok yang memberikan ilmu-ilmu agama Islam secara mendalam dan bersahabat. Ustadz dan Ustadzah yang mendidik senantiasa memberikan bimbingan akademik dan moral sebagaimana prinsip kami dalam menciptakan generasi bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia.

Baca juga: Kenapa Sih Anak Harus Sekolah Pesantren Tahfidz? Simak 9 Alasan Ketua Komite Zamzam Syifa Boarding School

Pengen Sekolah Berstandar Internasional Tapi Tetap ‘Bermental Madinah’

Bagi sekolah umum yang sudah favorit memiliki fasilitas yang sangat luar biasa untuk meningkatkan prestasi anak didiknya. Mulai dari penambahan jam pelajaran hingga tugas-tugas yang sangat padat. Nah, jika Anda menginginkan anak untuk sekolah umum sambil pondok pesantren secara terpisah (tidak Boarding School) pasti akan mengalami tekanan yang luar biasa. Kalau dirangking kemungkinan sulit untuk menduduki rangking atas karena membutuhkan usaha yang sangat keras. Disinilah tempat menimba ilmu dan Inshallah semua bisa dijalani dengan baik dan mampu untuk lulus dengan nilai yang baik pula.

Seharusnya bagi orang tua yang telah menyekolahkan anaknya di Islamic Boarding School sudah tidak ada kekhawatiran lagi dengan pergaulan anaknya karena di setiap asrama sudah difasilitasi dengan Guru Pendamping Asrama yang selalu standby mengkondisikan siswa yang ada di asrama tersebut. Salah satu perilaku yang tidak dijumpai di sekolah umum adalah pergaulan antara laki-laki dan perempuan. Di Islamic Boarding School Indonesia, seperti Zamzam Syifa Boarding School, antara anak laki-laki dan perempuan dipisahkan tempatnya. Meski masih dalam satu area, namun ada sebuah gedung sebagai pemisah antara asrama putri dan putra.

Dengan adanya Guru Pendamping Asrama maka pergaulan anak akan terpantau dengan baik. Tugas dari Guru Pendamping Asrama ini adalah memberikan pengarahan dan bimbingan serta mengawasi tingkah laku anak di asrama. Apabila anak melakukan tindakan yang tidak terpuji, maka segera Guru Pendamping inilah yang menyelesaikannya.

Bekal Meneruskan Pendidikan ke Luar Negeri, Putri Saya Menjadi Pribadi Mandiri

Setiap orang tua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk buah hatinya. Ada pepatah mengatakan bahwa ‘untuk melihat seperti apa rumah kita, kita harus keluar rumah dulu, baru lah terlihat bentuk rumah kita serta permasalahan apa yang ada. Sama halnya jika kita ingin melihat seperti apa negara kita, kita harus keluar sebentar dari negara kita untuk melihat permasalahan yang ada.’

Dalam pendidikan, keikhlasan saat menjalaninya menjadi hal yang patut diperhatikan, terutama mengingat bahwa generasi muda saat ini sangat kritis dalam berpikir. Dahulu kala jika kita terbiasa dididik menggunakan pemukul dari ‘rotan’, itu tidak bisa dilakukan kepada anak zaman sekarang, yang ada mereka malah semakin memberontak! Oleh sebab itu, menjadi sahabat terbaik dalam mendidik anak menjadi kuncinya. Dengan ustadz-ustadzah yang ramah, menyenangkan, dan mengajar dengan tulus, tidak heran jika santri-santri Zamzam Syifa Boarding School ini merasa betah.

Mengasah Skill Bahasa Inggris

Kemampuan akan bahasa menjadi sangat krusial di zaman yang serba modern ini. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan yang mewajibkan kandidat pelamar kerja agar menguasai setidaknya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kenapa? Sebagai sarana komunikasi global, penggunaan bahasa Inggris harus dikuasai secara aktif. Penelitian terbaru mengatakan bahwa terdapat beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dalam lingkungan 2 bahasa. Keuntungan ini adalah memiliki kemampuan 2 bahasa dan memiliki cara pemikiran yang fleksibel.

Selain itu, penelitian menunjukan anak bilingual memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi dibandingkan anak dengan 1 bahasa. Dengan memiliki kemampuan 2 bahasa, maka di masa produktifnya anak akan memiliki potensial yang besar untuk bereksplorasi informasi-informasi (sains, politik, masalah keuangan, edukasi dan topik lainnya) yang sudah ada dan akan lebih mudah untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Hal ini juga akan membuka kesempatan bekerja di bidang bisnis internasional dan pemerintahan yang membutuhkan kemampuan variasi berbahasa.

Baca juga: Hasilkan 6 Juta Perbulan Dari Hidroponik! Zamzam Syifa Berbagi

Anda juga bisa membagikan artikel ini agar semakin banyak yang terinspriasi loh, syukron ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
Need Help? Chat with us