Sosok Hebat Guru-Guru Zamzam Syifa

ZAMZAMSYIFA.SCH.ID, DEPOK – Sebelum kita mengenal sosok hebat para guru Zamzam Syifa, mari kita membahas dulu kenapa para guru sanggup menerpa banyaknya tantangan? Banyak dari kita yang pada masa kecilnya bercita-cita untuk menjadi guru. Mulai dari guru Matematika yang terkenal susah sampai guru taman kanak-kanak yang konon katanya mudah untuk dijalani. Namun ternyata jadi guru juga tak semudah yang kita bayangkan. Menjadi guru, artinya tanggung jawab intelektual dan moral murid ada di tanganmu. Tentu saja hal ini bukan hal yang remeh. Zamzam Syifa akan uraikan gimana rasanya menjadi guru.

Baca juga: Sekolah Internasional Pilihan Orang Tua

Profesi guru sebagaimana yang telah di atur dalam Permen 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang menjelaskan secara detail tentang tugas dan fungsi guru. Kemudian yang menjadi pertanyaan kita, “Bagaimanakah kharisma dari sosok seorang guru?”. Beragam jawaban tentu akan muncul berdasarkan prediksi dan pemikiran masing-masing. Namun perlu kita garis bawahi bahwa kharisma seorang guru terletak dari keteladanan, kesabaran, kerendahan hati, saling menghargai, toleransi dan yang lebih utama adalah bangga menjadi seorang guru dengan segala tugas dan fungsinya.

Baca juga: Sekolah Internasional Pilihan Orang Tua

Awalnya, kamu kira menjadi guru itu gampang. Kamu hanya menerangkan apa yang tertulis di buku panduan. Lalu memberikan soal latihan, tugas dan mengoreksi. Selain itu, dengan kondisi murid dengan usia lebih muda maka kamu merasa percaya diri untuk membagi pengetahuanmu. Apapun yang kamu sampaikan pasti muridmu akan percaya.

Islam Mengistimewakan Guru

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan,” (QS. Al-Mujadalah 11)

Dalam beberapa hadits disebutkan, “jadilah engkau sebagai guru, atau pelajar, atau pendengar, atau pencinta, dan janganlah kamu menjadi orang yang kelima, sehingga kamu menjadi rusak.” Dalam hadis Nabi yang lain: “Tinta para ulama lebih tinggi nilainya daripada darah para shuhada.” (H.R Abu Daud dan Turmizi).

Rasulullah Saw juga bersabda: “Sebaik-baik kamu adalah orang yang mepelajari al-Quran dan mengamalkanya.” (H.R. Bukhari)

Seperti Ini Profil Guru Hebat Zamzam Syifa

Menjadi guru bukan berarti hanya soal mengajar di kelas, tetapi mendidik hingga menjadi teladan yang baik bagi murid. Semua orang bisa mengajar, tetapi tidak semua orang juga bisa mendidik. Dua hal ini yang ada dalam jiwa guru-guru kita semua, termasuk guru-guru Zamzam Syifa Boarding School. “Mendidik adalah amanah dan ibadah, amanah bagi setiap yang terdidik, ibadah sebagai bakti pada Yang Maha Mendidik,” ujar Hafidz, Guru Pendidikan Agama Islam Zamzam Syifa Boarding School.

Abdurrauf, Wali Asrama atau Guru Tahfidz Zamzam Syifa Boarding School juga mengatakan bahwa mendidik adalah sebuah kegiatan istimewa, dimulai dari niat yang istimewa, pekerjaan yang istimewa serta anak didik yang luar biasa sempurna. Mendidik untuk Allah akan berjalan sempurna.

Baca juga: Fatimah Nur Sadiah Hafiz Alquran 30 Juz

Kamu juga dapat melihat serunya kegiatan dan kreatifitas para santri di instagram @zamzamsyifaschool atau fanpage @zamzamsyifasch dan membagikan artikel ini ke kerabatmu dengan klik ikon sosial media di bawah ini supaya semakin banyak yang terinspirasi ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
Need Help? Chat with us