NYIA 2019 (National Young Inventors Award): Zamzam Syifa ke Kancah Internasional

zamzam syifa NYIA

ZAMZAMSYIFA.SCH.ID, DEPOK – NYIA 2019 (National Young Inventors Award) 2019 digelar pada 23-26 Oktober 2019 di ICE BSD, Serpong, Tangerang Selatan. NYIA merupakan ajang bergengsi tingkat nasional yang dinaungi oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dengan dukungan dari berbagai lembaga internasional. Bahkan, acara bergengsi ini dihadiri oleh peserta dan tamu dari berbagai negara. Negara-negara tersebut ikut meramaikan acara tersebut dengan membuka booth untuk memamerkan hasil karya. Dilansir dari website NYIA, NYIA menjadi ajang kompetisi bagi remaja dalam melakukan inovasi dan invensi di bidang teknologi. Lomba tingkat nasional ini juga sebagai ajang untuk menjaring inventor remaja berpartisipasi pada kompetisi tingkat regional maupun internasional.

Baca juga: GRATIS! Open House Sekolah Boarding Zamzam Syifa 2019

Karya AUTICS Melenggang di NYIA 2019

Adlina Khairina Hisaanah dan Jasmine Shafa Kurnia representasi Zamzam Syifa Boarding School terpilih sebagai salah satu finalis NYIA ke-12. Karyanya yang berjudul AUTICS berhasil memukau para tamu yang hadir. AUTICS merupakan kependekan dari Autocharging Thermoelectric Solar sebagai inovasi charger handphone dual sumber dengan memanfaatkan panas buang kendaraan bermotor . Booth AUTICS pun ramai dikunjungi peserta yang tertarik dengan penemuan siswi-siswi SMA kelas 11 Zamzam Syifa. Seperti ini potretnya.

Penemuan Baru Teknologi Ramah Lingkungan

Terdapat 7 kategori pada tahun ini, yaitu:

  • Manajemen Bencana Edukasi dan Rekreasi
  • Pangan dan Agrikultur
  • Teknologi Ramah Lingkungan, Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan
  • Kategori Teknologi untuk Penyandang Disabilitas dan Kebutuhan Khusus
  • Teknologi Informasi dan Komputasi

Karya AUTICS sendiri masuk ke dalam kategori Teknologi Ramah Lingkungan. AUTICS termasuk invensi yang mendorong pelestarian alam, upaya pengurangan polusi, peningkatan efisiensi energi dan teknologi ramah lingkungan. Beberapa negara yang ikut serta dalam Indonesia Science Expo ialah Singapura, Filipina, China, India, Rusia, dan lain-lain.

Doakan kami agar dapat merealisasikan karya anak-anak berbakat ini bahkan hingga kancah internasional sebagai bentuk cinta terhadap tanah air Indonesia. Saksikan kegiatan kami di instagram @zamzamsyifaschool / fanpage @zamzamsyifasch / twitter @zamzamsyifasch. Jangan lupa bagikan artikel ini ke kerabatmu dengan klik ikon sosial media di bawah supaya semakin banyak yang terinspirasi! ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
Need Help? Chat with us