Boarding School di Apartemen Pertama di Dunia

Oleh : Feri Rustandi
(Konsultan Zamzam Syifa Boarding School)

Pendidikan merupakan hal yang vital dalam kehidupan, terutama salah satu alat untuk mengukur indeks pembangunan manusia di sebuah bangsa, tentu hal ini harus menjadi perhatian serius dalam menyelenggarakan dan menempuh pendidikan yang berkualitas. Model layanan pendidikan di era zaman now sangat beragam, ada yang bersifat full day dan boarding school. Pendidikan sejatinya bukan hanya menekankan pada transfer knowledge melainkan dengan pendekatan transfer value, seiring dengan tujuan pendidikan nasional yaitu adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. boarding school atau sekolah berasrama adalah salah satu pilihan terbaik dengan mengintegrasikan berbagai layanan dengan konsep kurikulum pendidikan 24 jam, di dalamnya bukan hanya di ajarkan yang bersifat teori melainkan langsung praktik dengan bimbingan dan pengawasan dari guru pendamping, sehingga diharapkan muncul nilai-nilai kedisiplinan, tanggung jawab dan kemandirian. Proses pembiasaan dengan lingkungan yang kondusif inilah salah satu hal yang menjadi pembeda dengan layanan pendidikan full day. Pada pendidikan full day ketika setelah selesai belajar di sekolah, murid pulang ke rumah dan menjadi tanggung jawab orang tuanya, terlebih ketika para orang tuanya yang sibuk bekerja, sehingga proses pendidikan di keluarga tidak berjalan maksimal. Pendekatan layanan Pendidikan di boarding school banyak yang menggunakan pendekatan religius atau bisa disebut konsep pesantren, selain dididik dalam hal kedisiplinan, kemandirian dan tanggung jawab maka pendidikan agama pun menjadi titik tekannya seperti belajar mengaji (tahsin dan tahfizh qur’an) belajar syiroh, fiqh, aqidah dan tentunya penguasaan bahasa asing paling tidak minimal cakap dalam berbahasa inggris dan arab.

Zamzam Syifa Boarding School adalah salah satu Boarding School yang berkelas dengan mengusung konsep yang berbeda, yaitu sekolah berasrama di Apartemen. Ini adalah yang pertama di Indonesia bahkan mungkin di dunia, karena lazimnya apartemen itu digunakan untuk tempat tinggal sementara atau tetap, yang didalamnya terdiri kamar mandi, kamar duduk, kamar tidur, dapur dan sebagainya, yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat yang besar dan mewah, dan jumlahnya bisa ratusan bahkan ribuan kamar. Zamzam Syifa Boarding School berada pada apartemen Grand Zamzam Tower yang untuk tahun ini menempati Tower Qordoba yang kedepan dari 9 Tower yang dibangun, Zamzam Syifa Boarding School akan menempati 2 Tower. Untuk tahun ini baru didirikan untuk jenjang SMP dan SMA adapun kedepan akan dikembangkan satuan pendidikan lainnya. Suatu yang jarang dan khas untuk pergi dari asrama ke sekolah tidak perlu berjalan kaki jauh melainkan hanya turun Lift dari lantai 23 ke lantai 2. Begitupun dari satu fasilitas gedung ke gedung lain (laboratorium, perpustakaan, masjid dan lain sebagainya).

Konsep kurikulum yang dirancang adalah dengan memunculkan keunggulan dalam hal akademik, tahfizh qur’an dan penguasaan bahasa asing, sehingga output lulusan muridnya pun bisa bersaing bukan hanya akan melanjutkan di dalam negeri melainkan ke luar negeri. Hal lain yang memberikan ciri khas pada sekolah ini dengan memunculkan kurikulum “Leadership dan Entrepreneurship”. Dan dengan kurikulum ini diharapakan bisa mencapai tujuan pendidikan Zamzam Syifa Boarding School yaitu mencetak pemimpin dan pengusaha yang religius dan berwawasan global. Pada akhirnya bisa mewujudkan visi besar Zamzam Syifa Boarding School sebagai lembaga pendidikan islam unggul berstandar internasional dalam menyiapkan pemimpin yang religius, berkarakter dan berwawasan global.

Zamzam Syifa Boarding School berada pada naungan Yayasan Zamzam Global Insani dan bekerjasama dengan Yayasan As-syifa Al-Khoeriyah Subang yang telah berpengalaman dalam menghadirkan pendidikan boarding school yang berkualitas, tentu ini merupakan tantangan dan sekaligus menjadi proyek pertama sekolah berasrama di apartemen dan berstandar internasional dengan mengusung kurikulum “Leadership dan Entrepreneurship”.

Secara pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia adalah merupakan hal yang sangat menentukan kualitas suatu pendidikan, oleh karena itu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Zamzam Syifa Boarding School adalah mereka yang telah terseleksi dengan sangat ketat dengan rata-rata usia muda di bawah 30 tahun yang energik, kreatif dan militan, tentu pembelajaranpun disajikan dengan sangat bersahabat dan menyenangkan. Rata-rata mereka adalah lulusan kampus terbaik dengan jenjang pendidikan minimal S1 dan S2 baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri.

Dengan sinergi dan pemenuhan berbagai standar dalam komponen Pendidikan, maka diharapkan akan menjadi bagian penting dan hadir meramaikan dan menawarkan konsep baru dalam khazanah pendidikan Indonesia. Zamzam Syifa Boarding School secara langsung ikut andil berperan sebagai anak bangsa dalam memajukan dan mencerdaskan kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara.

Baca juga ya
Pemkot Depok Apresiasi Pesantren di Apartemen Zamzam

Zamzam Syifa Boarding School Tawarkan Pendidikan Berkualitas di Apartemen

Memadukan Apartemen Islami dengan Sekolah Berasrama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *