Bagaimana Caranya Agar Anak-Anak Siap Tinggal di Asrama?

Tips Agar Anak Siap Tinggal di Asrama

ZAMZAMSYIFA.SCH.ID, DEPOK – Bagaimana Caranya Agar Anak-Anak Siap Tinggal di Asrama? Ayah Bunda, yuk cek persiapan apa saja yang bisa dilakukan agar anak siap untuk tinggal di asrama.

Baca juga: Awas Pencuri Bulan Ramadhan‼

1. Perkenalkan Kehidupan Menjadi Anak Asrama

Orang tua harus mengenalkan kehidupan asrama kepada anak sejak dini. Perlu dipahamkan bahwa kehidupan asrama itu sebenarnya menyenangkan dan bersahabat bukan sesuatu yang menakutkan.

2. Mencari Informasi Terlengkap tentang Boarding School

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang Boarding School. Orang tua juga perlu mencari sumber referensi dari berbagai model Boarding School. Seleksi beberapa boarding school yang menjadi target. Kemudian, bandingkan lah kekurangan dan kelebihan dari sekolah tersebut. Perlu diingat, bahwa hal ini harus dilihat secara subjektif. Pandangan anda dan anak penting untuk dilibatkan. Karena sebuah sekolah yang menurut orang lain bagus, belum tentu cocok dengan anak kita. Begitupun sebaliknya.

3. Ajarkan Kemandiran

Ajarkan kemandirian sejak dini sehingga sudah yakin bahwa anak mampu untuk mengurusi dirinya sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Kemandirian ini dapat dilatih mulai dari bagaimana ia mengurus peralatan sekolah yang akan dibawanya hingga mengerjakan tugas rumah sendiri.

4. Bicaralah dari Hati ke Hati tentang Suka-Duka Kehidupan

Ajarkan kepada anak bagaimana rasanya hidup, tentu ada bahagia ada duka. Ajarkan dinamika kehidupan agar anak tak menjadi manja karna selalu dikenalkan dengan kemudahan dan kebahagiaan.

Baca juga: Menjadi Pemimpin yang berwawasan Global dengan menerapkan kurikulum Cambrige di Zamzam Syifa Boarding School

5. Melatih Hidup Sederhana Sejak Dini untuk Jadi Anak Asrama

Latihlah anak-anak kita untuk hidup sederhana sejak dini. Agar nanti kedepan walaupun mereka sudah sukses mereka tetap hidup sederhana sesuai tuntutan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Yuk temui kami juga di sosial media Zamzam Syifa Boarding School:
Instagram: @zamzamsyifaschool
Fan Page: @zamzamsyifasch
Twitter: @zamzamsyifasch
Youtube: Zamzam Syifa Channel
Kamu juga bisa loh membagikan artikel ini dengan klik ikon sosial media di bawah ini supaya semakin banyak yang dapat pengetahuan baru! 🙂

(jt/uh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
Need Help? Chat with us