Antisipasi Virus Corona dengan Ikhtiar dan Doa Ini

Zamzam Syifa Boarding School, Ikhtiar Virus Corona

ZAMZAMSYIFA.SCH.ID, DEPOK – Antisipasi Virus Corona dengan Doa Ini. Ikhtiar bathin yang bisa dilakukan oleh umat Islam di antaranya dengan menyempurnakan wudhu dan menjaga kebersihan.

Baca juga: Pembelajaran Jarak Jauh Demi Mendukung Gerakan #DiRumahAja

Selain itu bacaan-bacaan doa juga bisa dirutinkan di antaranya dengan membaca kalimat:

بسم الله لا يضر مع اسمه شئ في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم، 

BismiLlãhi lã yadhurru ma’asmiHi syai-un fil ardhi walã fissamã-i waHua s-Samii’ul ‘Aliim, setiap habis Subuh dan Maghrib; juga jika mau keluar rumah.

Bacaan yang lain di antaranya dengan mewiridkan asma Allah يا سلام (yã Salãm) يا حفيظ (yã Hafiizh), dan يا مانع يا ضآر ، (yã Mãni’u yã Dhãrru). Masing-masing minimal 20 kali setiap habis salat.

Gus Mus mengingatkan untuk senantiasa membaca shalawat Nabi di sela-sela waktu longgar dengan berbagai jenis shalawat yang disukai atau dihafal. Berdoa:

اللهم إنا نسألك العفو والعافية والمعافاة الدائمة في الدين والدنيا والآخرة،

Allahumma innã nas’aluKa al-‘afwa wal-‘ãfiata wal mu’ãfata fiddiini waddunyã wal ãkhirah. Wawallãhu Musta’ãn,” pungkasnya.

Antisipasi Virus Corona, upaya medis yang perlu dilakukan berdasarkan petunjuk World Health Organization (WHO) di antaranya adalah menghindari mengonsumsi daging dan telur mentah, menghindari area berasap atau area merokok, minum obat segera setelah gejalanya muncul serta jangan membiarkan kondisinya menjadi semakin parah.  Masyarakat juga dianjurkan rajin mencuci tangan setelah bersin atau batuk, menutup mulut sebelum batuk atau bersin menggunakan tisu atau bahan lain yang layak. Hal paling penting yang juga tidak boleh dilupakan adalah membersihkan tangan menggunakan sabun dan air atau hand rub yang mengandung alkohol.

Yuk temui kami juga di sosial media Zamzam Syifa Boarding School:
Instagram: @zamzamsyifaschool
Fan Page: @zamzamsyifasch
Twitter: @zamzamsyifasch
Youtube: Zamzam Syifa Channel
Kamu juga bisa loh membagikan artikel ini dengan klik ikon sosial media di bawah ini supaya semakin banyak yang dapat pengetahuan baru! 🙂

Sumber: https://www.nu.or.id/post/read/117872/hadapi-virus-corona–gus-mus-berikan-sejumlah-amalan-dan-doa

(uh/uh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
Need Help? Chat with us