Ada Apa dengan Sekolah Internasional Ini?

Zamzam Syifa Parenting Talk 1

Bagaimana Cara Memilih Sekolah Yang Tepat Bagi Anak? Part 1

ZAMZAMSYIFA.SCH.ID, DEPOK – Sekolah menjadi kebutuhan primer untuk mendapatkan pendidikan. Itulah sebabnya memilih sekolah yang tepat merupakan kunci masa depan anak. Karena bagaimanapun, sekolah akan menjadi tempat berkembangnya anak.

Proses pendidikan di sekolah meliputi pendidikan akademis dan moral. Di sekolah lah kita belajar mengenal huruf, membaca, menulis, menghitung, hingga memecahkan problem hingga bagaimana berperilaku yang baik. Selain itu, anak akan lebih banyak menghabiskan waktu bersosialisasi ketika di sekolah. Pada saat di sekolah, kita tidak hanya belajar tentang ilmu pengetahun tetapi juga mendapatkan teman-teman yang pada akhirnya akan menjadi tempat berbagi suka dan duka. Saat itulah kita akan menyadari sebuah tanggung jawab sosial, sehingga membuat kita lebih dewasa dalam menghadapi berbagai cobaan hidup.

Seperti yang kita tahu bahwa belajar di sekolah adalah suatu proses yang tidak mudah karena membutuhkan kesabaran, tekad, dan dedikasi yang tinggi. Oleh sebab itu memilih sekolah yang tepat akan membantu kita melewati berbagai proses dengan lebih terarah. Pendiri As-Syifa Learning Center, KH. Abdullah Muadz akan memberikan anda gambaran cara memilih sekolah yang tepat bagi putra-putri kita sebagai berikut.

Sekolah Dengan Kurikulum Aqidah Menjadi Hal Terpenting!

Salah satu indikator kita dalam memilih sekolah yang layak buat anak kita adalah bagaimana keseriusan sekolah itu dalam menyajikan kurikulum atau pelajaran akidah. Hal ini merupakan indikator yang tidak dapat ditawar. Karena aqidah adalah pegangan hidup seseorang, boleh dikatakan ia menjadi ideologinya.

Sedangkan mempersiapkan materi aqidah harus berlandaskan pada:

Jaminan Kurikulum

Jaminan kurikulum meliputi kurikulum akademik umum dan kurikulum akademik religi. Mengapa demikian? Karena kurikulum merupakan kunci utama dari sebuah lembaga pendidikan. Jika sistem kurikulum sudah jelas dan terjamin kualitasnya, maka anda boleh menarik nafas lega.

Jaminan Referensi

Referensi yang dimaksud di sini adalah jaringan sekolah tersebut. Apakah sekolah tersebut berdiri sendiri atau ada pihak yang bekerjasama. Jika memang ada yang pihak lain yang bekerjasama, pastikan terlebih dahulu kredibilitas dari pihak terkait. Pada umumnya, jika pihak yang berkaitan memiliki kredibilitas yang baik dan terpercaya, maka sekolah tersebut juga terpercaya.

Seperti sekolah internasional Zamzam Syifa International Boarding School Depok yang berada dalam naungan yang sama dengan As-Syifa Boarding School Subang.

Baca juga: Kontroversial! Wakil DPR RI 2009/2014 Angkat Bicara Tentang Islamic Boarding School Ini?

Jaminan Pendidik

Di lembaga pendidikan sudah pasti tenaga pendidik menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap perkembangan siswa-sisiwinya. Memilih sekolah dengan guru-guru yang berkompeten menjadi sebuah kewajiban. Namun, guru yang bersahabat dan dekat dengan murid menjadi nilai tambah loh, apalagi di era digital ini.

Aqidah juga menjadi sumber motivasi bagi sebagian orang. Salah satunya ialah motivasi untuk bekerja, belajar, dan lain-lain. Jenis motivasinya dapat disebut dengan motivasi intrinsic, yakni motivasi yang berasal dari hati,

Contohnya, orang yang mencintai kebersihan akan termotivasi untuk menjaga kebersihan lingkungannya sehingga terciptalah kota yang sangat indah seperti Jepang. Padahal motivasiya sederhana saja dan asalanya dari rasa sungkan.

Jika kita paham bahwa ajaran agama Islam juga sangat strict tentang kebersihan berarti kita juga bicara surga neraka. Bahwa ketika kita tidak ingin membuang sampah bukan sekadar hanya keindahan atau tidak mengganggu orang lain tetapi juga atas perintah Allah. Sama halnya ketika kita bicara kemaksiatan dan kemungkaran, bukan hanya soal narkoba, pembunuhan, perzinahan, tetapi buang sampah sembarang juga sebagian dari kemaksiatan dan kemungkaran.

Karena itulah ketika kebaikan apapun yang kita lakukan, maka diawali dengan Lillahi ta’aala.

Kamu juga bisa membagikan artikel ini dengan cara klik ikon sosial media di bawah supaya semakin banyak yang terinsipirasi. Buat kamu yang masih ingin lihat tausyiah dan informasi lainnya, langsung saja kunjungi instagram @zamzamsyifaschool ya.
Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us