Menjadi Enterpreneur yang Religius di Zamzam Syifa Boarding School

“… Sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka sendiri mengubah apa yang terdapat dalam diri mereka sendiri (yakni motivasi, tekad, dan usaha mereka) …” (QS Ar Ra’d:11).

Islam menghendaki pemeluknya agar selalu bekerja keras. Islam mengajarkan pemeluknya agar berwirausaha. Nabi Muhammad SAW dan sebagian besar sahabat adalah para pedagang  dan wirausaha mancanegara. Wajar jika ada yang mengatakan  bahwa etos kewirausahaan sudah melekat dan inheren dengan diri umat Islam. Bukankah Islam adalah agama kaum pedagang, lahir di kota dagang, dan disebarkan ke seluruh dunia oleh kaum pedagang?

Sayangnya diera sekarang, kebanyakan ummat Islam belum banyak menggeluti dunia perdagangan dan kewirausahaan . Oleh karena itu, upaya membangun kembali semangat dan jiwa kewirausahaan umat Islam Indonesia merupakan sebuah keharusan yang tak  bisa ditawar-tawar.

Umat Islam sejak kelahirannya, memiliki jiwa dan etos kewirausahaan yang tinggi. Nabi Muhammad SAW dan sebagian besar sahabat adalah para pedagang dan wirausahawan mancanegara. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa perkembangan Islam sampai ke negara ini juga tidak lepas dari perdagangan.

Oleh karena itu, bagi seorang muslim, jiwa kewirausahaan tersebut seharusnya sudah menjadi bagian dari hidupnya.

Islam mengajarkan kepada pemeluknya agar bekerja dan beramal, sebagaimana disebutkan dalam al Quran yang artinya: “Bekerjalah kamu, maka Allah, Rasulnya dan orang beriman, akan melihat pekerjaanmu” (QS at Taubah: 105). Selain itu, juga disebutkan dalam hadits : ”Hendaklah kamu berdagang, karena di dalamnya terdapat 90 persen pintu rezeki” (HR Ahmad).

Jiwa wirausaha ini dapat dibentuk sejak usia dini, dengan adanya kurikulum kewirausahaan pada sekolah boarding terbaik, yaitu Zamzam Syifa Boarding School. Hal ini tentu akan semakin membentuk dan memotivasi anak menjadi seorang wirausahawan yang nanti siap untuk menghadapi dunia dengan berbagai tantangan ekonomi global kedepannya yang tentunya juga dibekali dengan ilmu agama.

Dengan berbagai kegiatan menarik dan produktif, ayah bunda tidak perlu khawatir akan keterampilan wirausaha sang anak.

Ditunggu kehadiran ayah bunda di Zamzam Syifa Boarding School yah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us